SELAMAT DATANG

Selamat datang di blog "Atalia Ministry"

Kami senang dan bersuka cita atas kunjungan saudara di blog ini.
Semoga kunjungan saudara di blog yang sederhana ini dapat memberi inspirasi dan motivasi bagi pertumbuhan iman saudara.

Blog ini dibuat untuk pelayanan kami, meskipun hanya sederhana tapi kami berharap dapat menjadi kepujian bagi nama ALLAH.

Saya dan teman-teman sesama tuna netra di 'wiyata guna' Bandung, mempersembahkan blog pelayanan ini secara sukarela. Kami tidak meminta pembayaran apapun dari saudara.
Namun kami dapat membantu menyalurkan bantuan saudara yang memiliki kerinduan untuk membantu pelayanan kepada saudara-saudara tuna netra, baik donasi dalam bentuk dana, properti, dan lain-lain.

Silakan menghubungi kontack person jika saudara merasa tergerak dengan ketulusan. Terima kasih . Tuhan memberkati. Amin.

Religion Inspiring, Motivation, Christian Musik, Prayer Serving

Jumat, 10 September 2010

Kesehatan Rohani


Syaloom…!

Salam sejahtera bagi anda semua.

Hari ini kita akan memusatkan perhatian kita pada diri kita sehubungan dengan kesehatan kita.

Kita tahu bersama bahwa kita dapat mengetahui bagaimana kondisi kesehatan kita dengan memeriksakan diri kita ke lembaga-lembaga kesehatan resmi, antara lain Klinik Kesehatan. Puskesmas atau Rumah Sakit. Disana kita dapat menerima informasi yang kita perlukan untuk mengetahui bagaimana memelihara kesehatan tubuh kita dan mengetahui bagaimana system pengobatan yang harus kita jalani bilamana kita menderita satu penyakit.

Akan tetapi , apa yang dapat kita lakukan jika kita memiliki masalah dengan kesehatan rohani? Kesehatan tubuh atau jasmani itu penting dan sangat diperlukan, namun bila kita memiliki masalah dengan kesehatan rohani berarti kita akan berhadapan dengan masalah yang lebih besar dan lebih kompleks.

Kesehatan Rohani adalah tentang :

1. Pengenalan diri sendiri.

2. Pencitraan diri, dan

3. Ketuhanan yang kita percaya dan yakini.

Jika saya memiliki masalah kesehatan rohani berarti yang pertama, saya memiliki masalah tentang pengenalan diri sendiri, tentang siapa saya? Siapa orang tua saya? Siapa keluarga saya? Tentang siapa jemaat saya? Dan tentang siapa pencipta saya? Dari mana asal saya? Lingkungan social saya? Tempat tringgal saya dan tentang tujuan kehidupan saya?

Kedua, memiliki masalah kesehatan rohani berarti juga memiliki masalah tentang pencitraan diri. Tentang bagaimana saya membentuk karakter atau tabiat saya, masalah tentang talenta saya, pengembangan diri saya, dan masalah pengendalian diri, padahal hal-hal inilah yang dapat menunjukkan kepada saya maupun orang lain bagaimana tingkat akseptabilitas kasih saya, dengan kata lain sejauh mana, oleh dorongan kasih, saya dapat diterima dan menerima keberadaan orang lain.

Ketiga, memiliki masalah kesehatan rohani, juga menunjukkan bahwa saya juga mengalami masalah tentang ketuhanan. Memiliki masalah tentang ketuhanan sesungguhnya sudah sering kita alami tanpa kita sadari, ada saat-saat dimana kita kehilangan keyakinan sehingga kita menunjukkannya lewat pertanyaan-pertanyaan, apakah saya percaya Tuhan? Apakah Tuhan dapat menolong saya? Apakah Tuhan mau mendengarkan saya? Apakah saya layak berdoa kepada Tuhan? Bahkan kita akan bertanya, apakah Tuhan itu ada?

Saat ini pertanyaan yang akan saya tanyakan kepada anda semua adalah, apakah anda memiliki masalah kesehatan rohani? Kenallilah diri anda dengan benar! Bentuklah citra diri anda dengan benar dan milikilah keyakinan yang kokoh tentang apa yang anda percaya tentang Tuhan, dengan demikian anda akan memiliki tujuan kehidupan anda dengan benar. Periksalah saat ini juga bagaimana kesehatan rohani anda, supaya anda dapat segera menentukan dan memiliki tujuan kehidupan yang benar.

Seberapa Baikkah Anda Berbicara?

Saya adalah seorang hamba Tuhan, dan saya siap untuk menjadi pelayan Tuhan. Saya ingin Tuhan memakai lida saya untuk berbicara dalam nama Tuhan. Untuk tujuan ini saya ingin mengetahui dengan pasti apakah saya sudah memenuhi keinginan Tuhan untuk menjadi pembicara seperti yang Tuhan inginkan? Karena itu saya datang ke klinik Tuhan dan bertanya kepada Yesus sebagaiu dokter di klinik yang menangani masalah kesehatan rohani itu.

- Pada waktu saya pergi ke klinik Tuhan untuk melakukan Check Up rutin, sayta dinyatakan sedang saklit.

- Pada saat Dia mengukur tekanan darah saya, Dia menyatakan bahwa saya sangat rendah dalam hal kesabaran.

- Pada saat Dia membaca temperature tubuh saya, tercatat 40°C Kecemasan.

- Kemudian Dia melakukan pemerikasaan EKG dan menemukan bahwa saya membutuhkan beberapa tindakan ‘by pass Kasih’ karena pembuluh darah saya telah tersumbat dengan kesepian dan menyebabkan hati yang hampa.

- Saya pergi ke ahli tulang karena saya tidak dapat berjalan berdampingan dengan saudara saya dan saya tidak dapat memeluk sahabat-sahabat saya, karena adanya retak di dalam diri saya, retak yang terjadi pada saat saya tersandung dan jatuh karena perasaan iri dan dengki.

- Dia juga temukan bahwa saya mengalami rabun pada mata karena saya tidak bisa melihat dan memahami keterbatasan-keterbatasan saudara-saudara saya.

- Ketika saya mengeluh dengan ketulian saya, hasil diagnosa menyatakan bahwa itu disebabkan karena saya telah berhenti mendengar suara Tuhan yang senantiasa berbicara kepada saya setiap hari.

- Untuk semua itu, Yesus tidak membebankan biaya konsultasi sedikitpun. Saya berterima kasih atas rahmatNya. Jadi saya berjanji setelah meninggalkjan klinikNya saya hanya akan menggunakan pengobatan alamiah yang Yesus resepkan untuk saya, melalui kata-kata kebenaranNya.

Inilah resep kata-kata kebenaran Yesus.

- Setiap Pagi, minum segelas penuh air ucapan syukur (Yunus 2:9)

- Pada saat hendak pergi bekerja, minum sesendok ketenteraman. (Yesaya 32:17).

- Setiap jam, minum sebutir kesabaran, semangkuk persaudaraan dan segelas kerendahan hati. (I Tes 4:9).

- Pada saat tiba di rumah, minum “Satu dosis Kasih” (Roma 12:10)

- Sebelum Tidur, pastikan anda sudah menelan dua tablet “hati Nurani” yang bersih dan murni. (Kis. 23:1)

Inilah yang saya dapat setelah memeriksakan diri di klinik Tuhan dan setelah bertemu dengan dokter agung Yesus.

Bagaimana Jika ALLAH Memeriksa Kesehatan “Percakapan Kita”?

Saya adalah orang yang mau bekerja bagi ALLAH, maka saya mengatur setiap kata-kata yang keluar dari mulut saya.

Sebagai seorang penbicara ALLAH atau anda dan saya yang mengaku anak-anak ALLAH , kita tidak bisa membiarkan diri kita berada dalam kebiasaan mengeluarkan kata-kata yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Ada beberapa hal penting yang harus kita cermati dalam hal berbicara.

1. Apakah ALLAH Mendapati Bahwa Isi Pembicaraan Itu Baik Dan Enak Untuk Didengar?

o Setiap orang, setiap pengikut Kristus termasuk anda dan saya bebas memilih dan mengucapkan kata-kata menurut pertimbangan masing-masing. Kita mungkin memiliki pemikiran tersendiri tentang hal-hal yang kita ucapkan dan tentang baik buruknya kalimat yang kita katakana. Namun satu hal yang harus kita perhatikan dalam setiap pembicaraan kita adalah ‘Pendapat ALLAH’.

o Apakah pembicaraan kita baik menurut ALLAH dan enak untuk di dengar di telinga ALLAH dan manusia?

2. Adakah Kita Mempertimbangkan Kepada Siapa Kita Berbicara?

o Apa yang telah kita ucapkan dan yang akan kita katakana dapat memberikan pengaruh bagi orang yang mendengarkan.

o Apa yang kita bicarakan bisa berdampak baik, jika kata-kata yang kita ucapkan memiliki hubungan yang erat bagi kebaikan orang yang mendengarkan.

o Kita dapat mempertimbangkan setiap kata-kata kita dengan memperhatikan kepada siapa kita berbicara.

o Apakah kita memahami siapa yang mendengarkan kita berbicara, dan apakah si pendengar akan mengenal Yesus dalam pembicaraan kita?

o Ketahuilah kepada siapa kita berbicara dan pilihlah kata-kata terbaik yang dapat kita bicarakan.

3. Apakah Pembicaraan Itu Membangun Dan Bukan Melemahkan Orang Lain?

o Sebagai hamba Tuhan, kita dapat manjadi inspirasi bagi oarng lain melalui kata-kata kita. Saya dapat membuat orang lain menjadi lebih setia,lebiuh rajin, dan lebih kuat melalui kata-kata saya, namun saya juga bisa membuat orang lain ingkar, lemah, dan murtad, juga karena berawal dari kata-kata yang keluar dari mulut saya, entah itu saya rencanakan ataupun kata-kata yang tidak saya sengaja.

o Motiv saya, motiv anda serta bagaimana ketulusan kasih anda dan saya adalah hal yang sangat penting yang harus kita miliki saat berbicara, sebab setiap kata-kata yang keluar dari mulut kiuta akan kita pertanggungjawabkan kepada ALLAH, termasuk kata-kata yang tidak kita rencanakan.

4. Apakah Pembicaraan Itu Memuliakan ALLAH?

o Inilah hal yan paling penting yang harus terkandung di dalam setiap kata yang kita hasilkan.

o Kita akan dikenal dari kata-kata kita.

o ALLAH pun akan dimuliakan karena kata-kata kita.

o Demikian juga, melalui kata-kata kita, dapat dilihat kepada siapa kita berbakti, apakah kepada ALLAH atau kepada diri sendiri.

Matius 12:36,37

Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar